Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook (Ada Kesalahan yang Sudah Kamu Lakukan!)

Maret 30, 2016 A+ a-

Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Facebook adalah social media yang paling banyak digunakan orang-orang dibandingkan sosial media lainya. Selain itu, Facebook juga menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan Blogger untuk mempromosikan Blog mereka.  

Faktor utama dari hal ini adalah karena Facebook memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kira-kira seperti ini perbandingan dengan sosial media lainya di Indonesia menurut situs We Are Social


Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Dari data tersebut sudah jelas bahwa Facebook yang paling banyak digunakan di Indonesia dibandingkan media sosial lainya.

Dan apakah kalian tau, kalo negara Indonesia memiliki pengguna Facebook terbanyak ke-3 di Asia. Bukankah ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk para Blogger Indonesia? 

Seperti inilah data negara dengan pengguna Facebook terbanyak Asia pada November 2015 kemarin  :


Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Memang ini adalah kabar yang sangat bagus dengan pengguna sekitar 78 juta lebih, tapi kenyataanya lebih banyak akun Facebook yang iseng-iseng aja dibuat oleh pemiliknya. Contohnya adalah pengguna Facebook yang seperti ini : 
  • Seseorang yang membuat banyak akun Facebook, biasanya buat nge-game doang 
  • Seseorang yang menggunakan nama alay, ini adalah hal yang paling memalukan jika diketahui seluruh dunia... 
  • Penipu online, atau lebih akrab disebut Cyber Crime 
  • Dan lain sebagainya 

Jadi untuk mempromsikan Blog kalian di Facebook, kalian memerlukan strategi. Dan itulah yang akan Saya bahas di artikel ini, tenang cara yang Saya bahas ini gratis dan tanpa memerlukan biaya tambahan. Jadi pastikan kalian membacanya secara lengkap agar mengerti. 


Pembahasan ini akan dibagi menjadi : 

A. Kesalahan dalam Promosi di Facebook 
B. Cara Promosi di Facebook 


A. Kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan dalam promosi di Facebook 

Oke, yang pertama Saya bahas adalah kesalahan yang sering dilakukan Blogger pemula dalam mempromosikan Blognya. Berikut adalah contoh-contoh kesalahan yang sering dilakukan : 


1. Melakukan Spam

Kalian pasti sudah seringkan mendengar kata Spam. Sampai sekarang ini, masih banyak Blogger yang suka melakukan cara ini. Padahal udah jelas cara ini bener-bener dibenci baik oleh Facebook maupun pengguna Facebook. 

Melakukan Spam di Facebook justru bakal mengundang amarah dan kebencian dari yang membacanya. 

Yap amarah dan kebencian. 

Saya menjadi salah satu orang yang sangat suka memaki Blogger yang suka Spam, apalagi kalo Spamnya di post Saya. 

Dan inlah beberapa hal yang bisa kalian dapatkan jika kalian suka melakukan Spam : 
  • Makian dari seseorang yang tidak suka dengan yang kalian lakukan (Spam) 
  • Kualitas Blog yang akan dinilai buruk karna dipromosikan dengan cara yang buruk 
  • Blog akan sulit berkembang 
  • Akun Facebook anda berkesempatan untuk di Block oleh Facebook 
  • Dan mungkin masih banyak lagi 

Kalian pasti ga maukan mengalami 5 hal diatas? Jadi pastikan lah ada tidak melakukan spam dikolom komentar baik di Facebook maupun sosial media lainya. 


2. Promosi dengan Chat kesemua teman di Facebook 

Mempromosikan Blog dengan ngechat ke teman di Facebook memang tidak salah, dan bahkan tidak dilarang selama kalian melakukanya dengan tidak berlebihan. 

Yang jadi masalah adalah hal ini tidak berguna. 

"Kenapa tidak berguna?" 

Simpel, kalo kalian langsung main Chat aja kesemua teman kalian di Facebook untuk mempromosikan Blog kalian yang terjadi adalah si teman anda membuka Link tersebut dan udah, setelah itu si teman kalian tidak akan peduli lagi dengan Blog kalian. 

Apalagi kalo kalian Chat dengan orang yang salah, misalnya orang yang jarang Online di Facebook, orang yang ga kalian kenal, atau orang yang tidak mengerti dengan hal yang dibahas pada Blog kalian. Hal itu justru bakal menjadi tidak berguna. 


3. Membuat Fanpage (FP) padahal Blog masih baru 

Fanpage adalah salah satu hal yang paling sering dipakai Blogger untuk mempromosikan Blognya. Termasuk juga Blogger yang baru bikin Blog. 

Sebenernya ga ada salahnya kalo kalian langsung bikin Fanpage setelah bikin Blog. Tapi hal itu justru percuma. Karna Blog yang baru, otomatis juga memiliki pengunjung yang sedikit, dan pastinya Fans nya juga sedikit. Tentu FP kalian juga justru ga bakalan ada yang nge Like karna masih belum terkenal. 

Dan biasanya masalah ini nyambung ke masalah selanjutnya, yaitu minta Like dari Blogger lain dengan janji akan nge Like balik FP Blogger tersebut. Kalo kalian ngegunain cara ini berarti kalian telah melakukan hal yang ga berguna. 

Coba bayangin misalnya ada Blogger baru yang Fanpage nya itu udah 500 Likers, tapi semuanya itu hasil tukeran Like sama Blogger lain.  

Apakah Blognya akan terkenal? 

Terkenal? Mungkin. Tapi hanya terkenal dikalangan Blogger yang nge Like FP nya saja. Dan lagi pula Blogger yang nge Like itu juga ga akan peduli atau bahkan ga akan memperhatikan FP kalian. Karna para Blogger itu juga mempunya FP dan Blog yang perlu mereka urus, sehingga tiap FP milik kalian memposting tentang artikel terbaru, para Likers ini kemungkinan besar tidak akan mengklik Link tersebut. 

Ngerti kan dimana bagian percumanya? 

Jadi cobalah fokus dulu terhadap promosi Blog daripada mementingkan FanPage. Dan ketika Blog kalian sudah memiliki pengunjung yang banyak dan juga loyal, barulah kalian bisa mulai membuat Fanpage. 


B. Promosi Blog lewat Facebook yang baik dan benar

Setelah Saya membahas tentang kesalahan para Blogger khususnya yang pemula ketika mempromosikan Blognya di Facebook, sekarang Saya akan membahas hal-hal yang sepatutnya dilakukan saat mempromosikam Blog dengan Facebook. 

Ada banyak hal-hal yang perlu kalian perhatikan saat promo di Facebook, tapi Saya akan mengusahakan untuk meringkasnya agar lebih singkat dan semoga saja mudah dipahami. Berikut adalah hal-hal yang harus kalian perhatikan : 


1. Blog Walking (BW) 

Blog Walking atau biasa disingkat BW ini memang salah satu trik yang hampir semua Blogger pernah lakukan saat pertama kali ngeblog. 

Cara kerjanya adalah kalian bertukar komentar (saling berkomentar) pada Blog masing-masing untuk mendapatkan komentar dan Pageview. Cara ini bisa kalian lakukan jika kalian baru pertama kali ngeblog. 

Dan para Blogger biasanya melakukan BW ini dengan Blogger lain di grup-grup Blogger Indonesia pada Facebook. 

Meskipun cara ini sering dilakukan Blogger, tapi cara ini tidak efektif untuk mengembangkan Blog. Salah satu alasanya adalah biasanya Blogger yang saling berkomentar di Blog masing-masing ini tidak memperdulikan isi artikel, biasanya mereka langsung scroll ke bagian komentar dan komen dengan kalimat positif, jadi mereka sebenernya ga tau dengan apa yang ada dia Blog kalian, mereka cuman mentingin ".. Yang penting selesai BW nya ..

Jadi gimana Blog kalian mau berkembang kalo komentar yang kalian dapatkan itu komentar palsu. 

Lakukan BW beberapa kali saja dalam seminggu untuk memperkenalkan Blog kalian, dan jangan terlalu mengandalkan BW untuk mencari pengunjung. 


2. Gabung ke Grup yang sesuai dengan Niche Blog Kalian 

Ini adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan pengunjung. Terutama untuk Blog-Blog yang masih baru. 

Setelah masuk ke grup Facebook, apa langsung promo Blog? 

Tentu tidak. Kalau kalian langsung mempromosikan Blog kalian, yang kalian dapat cuman 'kacang'.., iya dikacangin sama anggota grup lain. Atau bisa juga kalian malah mendapat hinaan. 

Yang perlu kalian lakukan adalah dapatkan kepercayaan mereka... 

Jadi sebelum kalian promosi, pastikan dulu kalau kalian adalah orang yang bisa dipercaya, baik dalam materi maupun prakteknya. Setidaknya sampai anggota yang lain dapat mengenal dan mempercayai kalian. 

Yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan kepercayaan mereka adalah : 
  • Berikan tips-tips yang bermanfaat sesuai niche grup 
  • Aktif menjawab pertanyaan anggota lain 
  • Aktif juga membantu anggota lain yang kesulitan 

Dan jika anggota lain sudah mulai mengenal kalian, barulah kalian bisa mencoba untuk mempromosikan Blog kalian. Tapi jangan lupa juga untuk tetap membantu anggota lainya supaya kalian lebih dikenal luas lagi. 


3. Memilih waktu posting atau promo yang tepat! 

Pemilihan waktu sangat sering diabaikan oleh Blogger-blogger. Mungkin mereka pikir kalo postingan yang diposting itu akan dilihat siapa saja walaupun di jam-jam yang ditentukan secara acak. 

Padahal engga. Jika kalian posting di jam-jam sepi, ada kemungkinan postingan kalian itu tidak akan terbaca orang. Karena bisa saja postingan kalian itu 'ditenggelamkan' oleh postingan orang lain sebelum ada orang yang melihatnya. 

Sudah pasti hal itu menjadi sangat percuma. 

Maka dari itu, pemilihan waktu posting yang tepat mungkin sangat diperlukan supaya postingan kalian dapat dilihat orang lain. 


Pukul berapa pengguna Facebook di Indonesia mulai ramai?  

Dikutip dari Kompas.com, pengguna Facebook di Indonesia mulai aktif atau Online pada pukul 9 pagi sampai dengan pukul 7 malam. Dan puncaknya berada pada pukul 1-3 siang. Khususnya di hari Kamis. 

Tapi selain pada hal diatas, penentuan waktu posting di Facebook juga bisa didasarkan pada Niche Blog kalian.

Misalkan Blog kalian membahas tentang memasak, otomatis sebagian besar pengunjungnya adalah ibu-ibu. Dan biasanya ibu-ibu yang suka memasak itu tidak bekerja (Ibu rumah tangga) atau bisa juga koki sih. Sehingga kalian bisa menentukan kapan saja jadwal posting yang tepat, karna Ibu rumah tangga itu biasanya tidak memiliki banyak kesibukan. 

Tapi tentu saja hal itu akan berbeda bila Niche Blog kalian sebagian besar pembacanya adalah remaja atau pekerja yang memiliki jam sibuknya masing-masing. Jadi kalian perlu mengenali 'siapa' pembaca Blog kalian agar bisa menemukan waktu posting yang tepat. 

Hindarilah memposting di Facebook saat : 
  • Libur panjang 
  • Jam-jam sibuk 
  • Malam hari 
  • Terlalu pagi 


4. Menggunakan gambar agar lebih menarik dan mengundang klik! 

Penggunaan gambar memang tidak terlalu berpengaruh pada postingan Facebook. Tapi menurut Saya kalo postingan kalian menggunakan gambar, maka postingan itu akan lebih menarik dan memungkinkan pengunjung untuk meng-klik. 

Ada 3 jenis gambar pada postingan di Facebook, yaitu : 

Ada yang kotak kecil seperti ini : 


Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Ada yang Landscape : 


Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Dan, ada yang tanpa gambar :


Tips dan Cara Melakukan Promosi Blog di Facebook

Dari ketiga contoh postingan diatas, menurut kalian lebih menarik yang mana? 

Tentu saja yang Landscape. Karna gambarnya menjadi lebih jelas dan postinganya menjadi lebih menarik.  

Untuk mengoptimalkan gambar-gambar ini, bisa kalian lakukan berdasarkan gambar pada artikel Blog kalian, apakah gambarnya cukup besar atau tidak dalam bentuk Landscape. 


5. Menggunakan bahasa yang benar 

Maksud bahasa disini bukan bahasa Inggris atau Indonesia, tapi maksudnya bahasa serius atau santai dan formal atau informal. 

Memang kalau bahasa itu tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan Blog, tapi menurut Saya hal ini bisa menentukan penilaian pengunjung terhadap Blog dan kepribadian pemilik Blognya. 


Pakai bahasa yang serius atau yang santai?  

Untuk menentukan 'gaya' bahasa mana yang sebaiknya kalian pilih, kalian bisa menentukanya dengan mengenal lapisan umur pembaca Blog kalian. 

Apakah Blog kalian memiliki rata-rata pengunjung remaja, atau dewasa. 

Pengunjung remaja biasanya akan senang dengan hiburan dan terbiasa dengan bahasa informal (gue, lo, dsb.), sedangkan yang dewasa biasanya ingin mencari yang lebih serius agar cepat mendapatkan hasil, dan lebih senang dengan bahasa formal (anda, saya, dsb.). 

Coba, kalau misalnya rata-rata pengunjung dari Blog kalian adalah orang dewasa, untuk contoh disini misalnya adalah pebisnis. 

Bisnis adalah suatu hal yang serius, sehingga jika kalian memberikan tips dengan tidak serius dan terkesan main-main, bagaimana para pengunjung bisa puas? 

Tapi walaupun begitu, bukan berarti semua pengunjung remaja itu sama, pasti ada diantara mereka juga yang serius dalam menekuni hal yang dinginkanya. Begitu juga yang dewasa, tidak semua orang dewasa harus diberikan hal yang serius. Jadi lebih baik kalian seimbangkan saja antara bahasa yang nyatai (guyonan) dengan bahasa yang serius. 

Yang terpenting jangan menggunakan bahasa alay XP (ini adalah contoh guyonan). 

Sudah selesai. Sisanya tergantung dari kalian, apakah kalian memiliki niat yang mantap atau tidak. Jika sudah memiliki niat yang mantap, silahkan memulai hal-hal diatas dengan baik. 

10 Komentar

Komentar
Unknown
Admin
31 Maret 2016 pukul 07.06 hapus

Maksud SPAM di kolom komentar bagaimana?

Balas
avatar
MERAK
Admin
31 Maret 2016 pukul 07.34 hapus

Maksudnya berkomentar secara massal dengan link aktif pada status-status di Facebook

Balas
avatar
Unknown
Admin
16 April 2016 pukul 05.50 hapus

Keren artikelnya mas, alhamdulillah saya udah melakukan beberapa cara yang baik dalam berpromosi :)

Balas
avatar
MERAK
Admin
16 April 2016 pukul 06.14 hapus

Siip. terima kasih :D

Balas
avatar
Unknown
Admin
30 April 2016 pukul 18.04 hapus

Wah, dapat ilmu lagi di pagi ini.

Balas
avatar
Unknown
Admin
30 April 2016 pukul 21.57 hapus

lengkap banget,biasanya sering posting yang non landscape..

Balas
avatar
Unknown
Admin
1 Mei 2016 pukul 05.19 hapus

ane sudah lakuin cara yang benar gan blog ane juga alhamdulillah sudah bagus tapi ane masih aja selalu dapat teguran dari facebook huhuhu

Balas
avatar
16 September 2020 pukul 08.55 hapus

wajib di coba...sangat membantu sekali

Balas
avatar
cara mudah
Admin
25 Januari 2021 pukul 01.13 hapus

Kalau kita membuat siaran langsung di facebook yang menjelaskan isi blog kita apakah hal itu masih dibenarkan/dibolehkan.

Balas
avatar
Darmanto SEO
Admin
19 Februari 2021 pukul 00.14 hapus

terima kasih atas informasinya, saya jadi tahu cara promosi blog di facebook

Balas
avatar

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!