Off-Page SEO : Mendapatkan Banyak Pengunjung dari Aktifitas Luar Blog!

April 01, 2016 A+ a-

Tips dalam Melakukan Off-Page SEO

Setelah kemarin Saya memberikan tips-tips dalam melakukan optimisasi SEO On-Page, kali ini Saya akan memberikan tips dalam melakukan optimisasi SEO Off-Page. 


Apa itu Off-Page SEO? 

Kalau pada SEO On-Page artinya adalah melakukan optimisasi Search Engine langsung pada Blog, yang ini adalah kebalikanya. Yaa, Off-Page SEO adalah trik yang dilakukan untuk melakukan optimisasi Search Engine diluar Blog. 

Inti dari Off-Page SEO adalah mendapatk Backlink yang cukup dan berkualitas untuk mendapatkan visitor dari Blog atau Web lain.


Kenapa Backlink itu sangat penting bagi perkembangan sebuah Blog? 

Salah satu alasanya adalah karena pengunjung tidak datang sendiri. Kalian perlu pemicu supaya pengunjung mau berkunjung ke Blog kalian. Dan Backlink bisa menjadi salah satu pemicu yang ampuh untuk mendatangkan pengunjung. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan Backlink di internet, dari yang berguna sampai yang tidak berguna. Cara mendapatkan Backlink yang tidak berguna contohnya : 

  • Bertukar Link dengan Blog orang lain, hal ini percuma jika trafik pengunjung dari Blog orang lain tersebut masih sedikit. 
  • Spam dimana-mana, cara Blackhat SEO ini cukup sering dilakukan Blogger pemula. Padahal cara ini justru bakal mengurangi kualitas Blog saja. 
  • Komentar di Blog-blog dofollow, intinya saat orang mengunjungi suatu Blog, orang tersebut hanya akan peduli pada Blognya. Bukan link dikomentar atau siapa yang berkomentar. 
  • Dan lain-lain. 


Selain hal-hal diatas, Masih ada cara yang tidak berguna yang masih sering dipakaioleh Blogger, yaitu : 


1. Menggunakan Social Bookmarking secara massal 

Pernahkan kalian mendengar tentang Social Bookmarking ini? 

Cara ini memang sangat populer untuk dilakukan Blogger untuk mendapatkan backlink dari web-web dofollow ber-Page Rank tinggi. 

Cara ini bekerja dengan 'mengubah' link yang kalian masukan menjadi ratusan bahkan ribuan link pada web-web lain yang dapat di-index oleh Crawler atau robot perayapan (karna ini adalah situs dofollow). 

Jadi ketika ada seseorang yang mencari suatu web, dan ternyata Blog kalian sudah dijadikan sebuah 'link' pada web tersebut (oleh situs Social Bookmarking), maka Blog kalian juga dapat masuk kedalam hasil pencarian tersebut. 

Lalu dimana letak ke-tidak bergunaanya? 

Begini, situs-situs Social Bookmarking hanya terkenal dikalangan Blogger saja, jadi orang yang bukan Blogger mungkin tidak mengenalnya. Dan situs-situs yang ada di Social Bookmarking juga tidak populer di Indonesia, jadi mungkin hanya orang bule saja yang mengetahuinya. 

Orang bule tentu saja tidak akan suka dengan Blog bahasa Indonesia (karna tidak mengerti bahasanya) sehingga tidak akan memperdulikan Blog-Blog kalian yang berbahasa Indonesia. 

Jadi intinya kalian memang bisa mendapatkan pengunjung dengan cara Social Bookmarking, tetapi mungkin pengunjung itu sebagian besar dari luar negri. Dan seperti yang Saya bilang sebelumnya, orang luar mungkin tidak akan suka dengan Blog yang tidak mereka mengerti bahasanya. 


2. Menggunakan Web Directory 

Cara kerja Web Directory hampir sama dengan Search Engine, hanya saja Web Directory meng-index web secara manual (oleh manusia), berbeda dengan Search Engine yang meng-index web secara otomatis dengan bantuan robot yang disebut Crawler.  

Hasil yang diberikan oleh Web Directory bisa dibilang lebih relevan karna dipilih langsung oleh manusia. 

Tapi Search Engine jauh lebih populer dibandingkan Web Directory, khususnya di Indonesia. 

Jadi bisa dibilang hal ini percuma, walaupun Blog kalian juga memang bisa mendapatkan pengunjung dari hasil Web Directory.  


Tips-tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan optimisasi SEO Off-Page 

Sekarang lebih baik kalian tinggalkan cara-cara yang tidak berguna tersebut dan mulai menggunakan cara yang lebih baik dan lebih berkualitas. Berikut adalah cara-caranya... 


1. Aktif di Forum diskusi

Sebagai pembuka yang pertama adalah Forum. 

Sudah banyak Blogger sukses yang merekomendasikan Forum sebagai tempat untuk memperkenalkan Blog kalian sekaligus untuk mendapatkan pengunjung. 

Tapi memang benar, Forum memang tempat yang sangat ampuh untuk mendapatkan pengunjung. Saya juga pernah mencoba cara ini dan berhasil mendapatkan pengunjung yang lumayan banyak. 

Gunakanlah Forum sebagai tempat untuk memberikan tips-tips yang berhubungan dengan Niche Blog kalian, bukan sebagai tempat untuk melakukan Spam. 

Dan kalau sekiranya para pengguna Forum tersebut telah mengenal dan menyukai tips yang Anda berikan, barulah kalian bisa mulai mempromosikan Blog kalian sebagai tempat untuk kumpulan tips-tips tersebut. 

Ada banyak Forum yang bisa kalian gunakan untuk memulai promosi Blog sesuai Nichenya masing-masing, contohnya adalah : 




2. Guest Blogging di Blog ber-Page Rank tinggi 

Guest Blogging atau Tamu Ngeblog adalah cara yang dilakukan dengan menulis artikel di Blog orang lain. Makin tinggi Page Rank Blog tersebut, makin banyak pengunjung yang bisa kalian dapat dari Guest Blogging tersebut. 

Saya sendiri belum pernah mencoba cara ini karena masih sibuk untuk mengembangkan Blog ini. Tapi, mungkin kedepanya Saya juga akan mencoba cara ini. 

Jika kalian ingin mencoba Guest Blogging, pastikan dulu kalo artikel kalian itu layak untuk di Publish di Blog-blog ber-PR tinggi. Makin berkualitas artikel yang kalian kasih, makin besar kemungkinan artiel tersebut untuk di Publish oleh si pemilik Blog. 

Dan ingat, pastikan Blog yang kalian pilih itu ber-Page Rank tinggi, karna kalo kalian menulis di Blog ber-Page Rank rendah maka hal itu jadi percuma, bahkan merugikan. 

Meskipun Saya belum pernah mencoba cara ini, tapi Saya akan sedikit memberikan tips yang Saya dapatkan dari Internet sebelum kalian mencoba cara ini, yaitu : 

  • Rutin berkomentar dan mengunjungi Blog tersebut, supaya si pemiliki Blog bisa mengenal kalian. 
  • Buat artikel yang sesuai dengan Niche Blog tersebut, dan pastikan berkualitas agar diterima. 
  • Sebelum meminta izin untuk Guest Blogging, pastikan kalian kenalkan diri kalian dulu, misalnya nama Blog kalian, Nama sendiri, E-mail, dan mungkin alasan untuk melakukan hal tersebut. 
  • Dan pastikan juga artikel yang kalian siapkan belum dibahas di Blog tersebut. 



Bagaimana cara mencari Blog ber-Page Rank tinggi untuk Guest Blogging? 

Page Rank suatu Blog diukur dari angka 1-10, makin kecil angkanya maka makin tingggi PR Blog tersebut. Untuk mencari Blog ber-Page Rank tinggi kalian bisa menggunakan ekstensi SEOquake yang bisa dipasang di Google Chrome dan Firefox. 

Atau jika kalian menggunakan Browser lain, kalian bisa menggunakan http://www.prchecker.info/ untuk menge-cek PR suatu Blog secara manual. 


3. Promosi lewat Media Sosial 

Media sosial memang sudah menjadi sahabat para Blogger untuk mengembangkan Blognya. Itu semua karna jumlah pengguna medsos yang sangat banyak, yang memungkinkan Blogger untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dari medsos. 

Memang ada banyak media sosial yang populer didunia, ada Intagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Tapi saya tidak akan membahas semuanya, Saya hanya akan membahas Facebook. Karna Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan didunia, termasuk di Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara promosi Blog di Facebook yang benar, kalian bisa membaca diartikel Saya berikut ini (klik gambar) : 

Tips dalam Melakukan Off-Page SEO

Masih ada lagi...

Selain cara-cara diatas, masih ada 1 cara lagi yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan Backlink yang berkualitas. Yaitu dengan membuat artikel yang berkualitas. 

Bagaimana artikel yang berkualitas bisa mendatangkan Backlink? 

Begini, jika ada orang yang mendapatkan masalah dan kemudian menemukan jawabanya di Blog kalian, maka bisa saja jika orang tersebut menemukan masalah yang sama yang dialami orang lain, dia akan merekomendasikan Blog kalian. Lebih simpel kan? 

Jadi pada intinya adalah kalian harus membuat artikel yang disukai pengunjung. Bagaimana caranya? Bisa kalian simak diartikel berikut : Menulis artikel yang disukai pengunjung

3 Komentar

Komentar
Unknown
Admin
1 April 2016 pukul 23.50 hapus

ane suka banget nih mulai dari gaya penulisannya maksud tulisan sampai bahasa yang digunakan. simple banget mudah dimengerti lanjutkan gan

Balas
avatar
Anonim
Admin
25 April 2016 pukul 08.24 hapus

Sip gan.. Bermanfaat seklai untuk saya yang masih baru di dunia blogger

Balas
avatar

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!