1 Artikel, Bagusan Punya Satu Label atau Banyak Label?

Maret 27, 2016 A+ a-

1 Artikel, Bagusan Punya Satu Label atau Banyak Label?


Label merupakan hal yang penting bagi sebuah artikel. Yah tujuanya antara lain untuk meng-kategorikan artikel biar pengunjung lebih mudah untuk mencari artikel yang diinginkan.

Beberapa Blogger mempunyai prinsip berupa 1 artikel memiliki 1 label, yaa cara ini memang umum banget digunakan bagi para Blogger pemula.

Tapi ada juga Blogger yang mempunyai prinsip sebaliknya. Blogger yang suka memasukan banyak label dalam 1 artikel biasanya mengincari SEO, atau juga kata kunci utama.


Soalnya Saya pernah melihat salah satu Blog dimana disalah satu artikelnya itu memiliki banyak label yang 'sejenis'. Maksudnya sejenis itu, di artikel tersebut labelnya hampir sama, contohnya label yang kaya begini "blog, blogger, blogspot". Ketiga label tersebut memiliki arti yang sama, yaitu tentang Blog.

"Terus, kenapa sampe dibanyakin gitu?"

Yaaa, seperti kata Saya tadi. Biasanya sih, mereka yang kaya gitu ngincer SEO atau kata kunci utama. Tapi ada juga Blogger yang sifatnya berbeda dari sifat-sifat yang tadi saya jelasin. Jadi, ada jga Blogger yang dalam 1 artikelnya memiliki beberapa label yang berbeda-beda.

Misalnya.., suatu artikel membahas tentang "Cara Membuat Widget Recent Post pada Blogger", dalam artikel tersebut membahas tentang cara membuat widget pada Blogger, sehingga dimasukan label "Blogger" dan label "Widget".

Jadi, dari ketiga hal yang sudah Saya jelaskan diatas. Mana yang lebih baik?

Nah buat jawabanya, mendingan saya bahas satu-satu aja biar lebih gampang.., baca aja penjelasanya dibawah ini~


Perbadingan 3 Penjelasan Diatas!

Sekarang mari kita bandingkan!


A. 1 Artikel, Memiliki Satu Label

Menurut Saya ini kalo kalian nerapin cara ini, Kalian bisa lebih gampang buat ngatur artikel kalian. Kan banyak tuh, Blogger yang make Link dari Label buat dijadiin Menu Navigasi di Blognya.

Coba.., kalo 1 artikel punya banyak label, Kalian mungkin bingung mau milih Link dari label yang mana buat dijadiin Menu Navigasi. Jadi, kalo mau efisien coba sering-sering aja make tips yang satu ini.


B. 1 Artikel, Memiliki Banyak Label yang 'Sejenis'

Kalo yang ini bisa bikin kalian pusing buat nentuin Label mana yang dijadiin Menu Navigasi, apalagi Label-Label ini intinya sama.

"Tapi apa cara ini bisa bagus buat SEO?"

Mungkin aja, karna Label biasanya muncul pada Breadcrumbs suatu Blog. Dan kalian juga pasti taukan, kalo Breadcrumbs itu sangat penting buat Blog.

Jadi, kalo banyak label yang sejenis, mungkin salah satu dari Label tersebut berhasil menebak salah satu kata kunci yang dicari seseorang di Search Engine.


C. 1 Artikel, Memiliki banyak Label yang Berbeda-Beda

Kalo yang ini Normal. Kaya contoh yang tadi saya kasih diatas. Kalo misalnya suatu artikel membahas dua atau lebih hal pokok, yaa jadi ga ada salahnya buat ditambahin banyak Label yang berbeda-beda sesuai dengan hal pokok yang dibahas dalam artikel tersebut.

Ini juga bisa memudahkan pengunjung Blog Anda untuk menemukan artikel tersebut. Ngerti kan?


Kesimpulan

Intinya, ketiga hal diatas bisa kalian pilih sesuai dengan kemauan kalian. Kalian juga bisa aja nerapin 3 hal itu di 3 artikel yang berbeda.

Yang penting, sesuain aja sama hal-hal yang dibahas diartikel kalian tersebut. Tapi inget!, jangan sampe bingung atau ribet cuman gara-gara Label gini. Dan yang paling penting adalah isi dari artikel kalian.

3 Komentar

Komentar
Anonim
Admin
17 April 2016 pukul 10.04 hapus

saya pake cara 3 mas :)

Balas
avatar
MERAK
Admin
17 April 2016 pukul 15.25 hapus

Mungkin memang bakalan lebih banyak yg menggunakan cara yg ketiga itu :)

Balas
avatar
Rio Agustya
Admin
1 Januari 2019 pukul 21.53 hapus

Tergantung selera sipemilik blog aja ya gan

Balas
avatar

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!