Tips Agar Tidak Mudah Kehabisan Ide Dalam Membuat Postingan Blog

Maret 24, 2016 A+ a-

Tips Agar Tidak Mudah Kehabisan Ide Dalam Membuat Postingan Blog

Susah mendapatkan ide buat bikin postingan mungkin emang jadi 'penyakit' yang akan dialami tiap Blogger.


Apalagi mereka (Blogger) yang sudah sering membuat banyak artikel.


"Apa yang terjadi selanjutnya?"



Kemungkinan besar yang terjadi adalah 'mencuri' ide postingan dari Blog orang lain.


Saya juga pernah mengalami kehabisan ide saat mengelola Blog yang sebelumnya.


"Terus apa yang Saya lakukan?"


Engga. Saya engga nyuri artikel orang lain, tapi Saya justru jadi jarang membuat artikel karna kehabisan ide.



Faktor-Faktor yang bikin cepat kehabisan ide

Dari pengalaman Saya, ada 3 faktor utama yang menyebabkan Blogger (khususnya pemula) cepat kehabisan ide, yaitu :


1. Terlalu sering memposting artikel

Yap, ini adalah kesalahan yang pernah Saya lakukan sebelumnya.

Mungkin karna saat awal-awal masuk dunia Blogging Saya masih memiliki semangat nge-blog.


Dalam seminggu Saya dapat memposting 3-5 artikel. Hasil ketik Saya sendiri tentunya.


Hal ini tentu saja membuat Saya cepat kehabisan stock postingan.


Hal ini berlangsung selama beberapa minggu (atau bulan, Saya lupa) dan pada akhirnya Saya memustuskan untuk memposting 1-3 artikel saja dalam seminggu.



2. Salah memilih Niche (tema) Blog

Kalian harus pinter-pinter dalam memilih Niche yang akan dibahas di Blog kalian.

"Kenapa?"


Karna kalo sampai kalian memilih Niche yang engga kalian kuasai, hasilnya adalah kesulitan mencari ide postingan.


Dan ujung-ujungnya, copas artikel milik orang lain.


Tapi bukan berarti kalian harus memilih Niche gado-gado (semua hal dibahas disatu Blog). Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan baca postingan Memlihi Niche Blog yang Tepat!.



3. Terlalu banyak mengandalkan ingatan

Jangan terlalu banyak mengandalkan ingatan dalam 'menyimpan' ide postingan.

"Maksudnya?"

Maksudnya begini, jangan sampai saat kalian udah ngedapetin ide buat bikin postingan, kalian hanya mengingat-ngingatnya didalam kepala.

Dan berencana untuk menggunakan ide yang didapatkan itu, nanti saat kalian memiliki waktu luang.


"Kenapa Jangan?"

Karna.., manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Ada saatnya dimana kalian melupakan apa yang sudah kalian rencanakan.

Termasuk dalam 'menyimpan' ide buat bikin postingan. Nanti ujung-ujungnya kalian malah lupa dan malah mencari ide yang lainya.


Kecuali kalian adalah 'jelmaan' gajah yang memiliki ingatan luar biasa. Baru deh kaliam bisa mengandalkan ingatan kalian semaksimal mungkin.


Nah dari 3 faktor diatas, apakah kalian sudah pernah mengalami salah satunya?, atau malah ketiganya sekaligus?


Kalo kalian merasakan salah satu, atau semua faktor diatas, ayo mulai sekarang biasakan melakukan hal-hal ini biar ga gampang kehabisan ide.



Tips agar tidak cepat kehabisan ide dalam membuat postingan Blog!



1. Siapkan tempat untuk menampung ide-ide kamu 


Seperti yang Saya jelasin sebelumnya di nomor 3, kita ga bisa sepenuhnya hanya mengandalkan ingatan buat nyimpen ide-ide kita.

Jadi kita perlu sesuatu yang bisa menjadi tempat untuk menyimpan ide-ide itu.

Ada beberapa pilihan yang bisa kalian manfaatkan untuk menyimpan ide-ide kalian, yaitu :



Pilihan Pertama adalah menulisnya dibuku catatan. Kenapa? Ribet ya kalo bawa buku kemana-mana? 


Kalo kalian merasa ribet untuk membawa buku kemana-mana, kalian bisa manfaatkan kecanggihan teknologi di jaman sekarang. Contohnya kalian bisa memanfaatkan aplikasi catatan di Smartphone kalian, atau juga mencatatnya di PC secara langsung lewat Notepad (OS Windows).

Dan ide-ide yang disimpan itu nantinya bisa kalian gunakan untuk membuat artikel baru saat ada kesempatan.

Dengan begini kalian bisa menyiapkan ide-ide baru kalau misalnya kalian udah kehabisan ide.

Pilihan Kedua, kalian juga bisa memanfaatkan fitur draft pada Blogger untuk menyimpan ide-ide kalian.

Contohnya adalah saat kalian punya ide, kalian bisa menulis ide tersebut pada bagian judul pada halaman di artikel baru dan menyimpanya sebagai draft.

Jadi saat kalian membuka Blog kalian lagi, kalian bisa inget kalo ada artikel (draft) yang harus dilanjutkan.
Ini lebih simpel kan? 

2. Buat jadwal memposting yang rutin 

Ini adalah solusi dari masalah di nomor 1.

Meskipun kalian Blogger baru yang masih mempunyai semangat luar biasa untuk nge-Blog, kalian jangan terlalu sering untuk memposting artikel.

Memang banyak orang yang merekomendasikan untuk sering-sering membuat artikel. 
Tapi kalo misalnya kalian masih pemula dalam dunia blogging, jangan terlalu memaksakan untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya.

Karna hal ini bisa bikin kalian cepat kehabisan ide.

Jadi biasakanlah menulis artikel secukupnya dalam seminggu.

Kalau Saya merekomendasikan setidaknya buatlah 3 artikel per minggu.

Atau jika kalian sudah menyiapkan banyak artikel, kalian bisa mem-publish sebagian dari jumlah artikel kalian tersebut, dan sisanya dijadikan draft untuk di-publish nantinya.

3. Kelola Blog bersama orang lain 

Hal yang ketiga ini bisa digunakan kalo misalnya kalian udah kehabisan ide, atau jarang punya waktu untuk menulis artikel.

Orang yang membantu kalian pun bisa siapa saja, mungkin teman kalian, keluarga, sahabat, atau bahkan pengunjung Blog kalian.

Jadi meskipun suatu saat kalian kehabisan ide, kalian bisa mepercayakan partner kalian untuk menulis artikel diblog kalian.

Dan kalo kalian mengelola Blog secara berkelompok, Blog kalian juga bisa mempunyai banyak artikel meskipun kalian jarang posting (karna ada orang lain yang bakal posting).

Tapi ga enaknya mengelola Blog bersama adalah kemungkinan besar artikelnya akan berbeda-beda, dan mungkin akan ada artikel yang tidak berkualitas.

Misalnya si A, si B, dan si C mengelola Blog yang sama.

Si A kalo menulis postingan selalu teliti, panjang, dan bermanfaat artikelnya. Si B selalu membuat postingan yang males-malesan, banyak kata yang disingkat, dan kadang-kadang copas dari Blog lain. Sedangkan si C jarang memposting artikel.

Kalo udah kaya cerita diatas, berarti cuman si A saja yang bisa dibilang penulis. Sementara si B dan si C hanyalah orang iseng yang cuman mau nyoba ngeBlog.

Makanya kalo kalian mau ngajak orang lain buat ngeblog bareng, pastiin dulu orang itu mengerti dunia Blogging. Jangan sampe salah milih orang dan akhirnya menyesal nantinya. 


4. Gunakan Google Trends

Selain untuk melihat kepopuleran suatu keyword, Google Trends juga bisa digunakan untuk melihat hal-hal yang sedang trending disuatu negara, namanya juga Google Trends.

Dengan Google Trends ini, kalian bisa memantau apa saja yang paling sering dicari pengguna baik dari Google Search maupun dari YouTube.

Cara gunainnya juga gampang, kalian tinggal pilih atau cari aja hal yang mau kalian lihat, setelah itu cari yang berhubungan dengan Niche Blog kalian dan barulah bikin artikel.

Gampangkan !?

Jadi yang nomor 4 ini bisa jadi alternatif kalo misalnya kalian lagi bener-bener kehabisan ide.

Selain ke-4 hal diatas, Saya yakin masih banyak hal-hal lainya yang bisa menjadi inspirasi buat kalian.

Yang kalian perlu lakukan hanya mencarinya dengan sabar dan cermat.

Semoga artikel ini bisa bermnafaat buat yang baca ya!

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!