Belajar Cara Melakukan Riset Keyword dalam 4 Tahap Mudah

Maret 24, 2016 A+ a-

Belajar Cara Melakukan Riset Keyword


Banyak Blogger pemula yang sering meremehkan hal ini. Waktu Saya pertama kali ngeblog, Saya juga sempat ga peduli dengan hal ini. 


Apa kalian juga? 


Keyword atau kata kunci merupakan hal yang penting untuk perkembangan Blog kalian.


"Apa yang membuat Riset Keyword sangat penting?"




Riset keyword sangat penting untuk mendapatkan pengunjung dari Search Engine. Semakin tepat keyword yang kalian pilih, semakin cepat Blog kalian dapat ditemukan banyak orang. 


Kebanyakan Blogger yang masih baru cuman mengandalkan otaknya buat milih keyword. Blogger yang masih pemula juga biasanya malah menggunakan kata yang berlebihan. 


Misalnya, Ridwan membuat artikel berjudul "Cara Membuat FB Paling Mudah"


"Apa yang salah dari judul tersebut?" 


Sekilas memang tidak ada yang salah dari judul yang dipilih Ridwan itu. Yang salah hanya pada bagian 'FB'. 


Liat data dibawah ini :

Jumlah pencarian 'Cara bikin FB' lebih sedikit daripada 'Cara bikin Facebook'. Berarti makin sedikit juga orang yang bakal nyari dengan keyword 'FB'.

Sebelum kita membahas kebagian riset keyword, sebaiknya kenali dulu beberapa jenis keyword. Secara garis besar ada 4 jenis keyword yang biasa digunakan Blogger, yaitu :

  • Short Tail Keyword, seperti namanya STK adalah keyword yang (biasanya) terdiri dari 2-3 kata, walaupun ada juga yang lebih. Keyword jenis ini bisanya dikuasai oleh Blog atau Website yang sudah profesional, jadi persainganya sangat ketat. Contohnya : Riset Keyword, Buat Blog, dll.
  • Long Tail Keyword, kalau yang ini kebalikan dari STK. Keyword jenis ini biasanya terdiri dari kata-kata yang cukup banyak. Pesaingnya juga beragam, dari yang profesional dan yang biasa juga ada. Contohnya : Cara membuat kue brownies, cara membersihkan baju kotor, dll.
  • Everlasting Keyword, artinya adalah kata kunci abadi. Maksudnya adalah keyword yang akan terus bertahan dari waktu ke waktu. Karna ini adalah keyword yang 'abadi', maka pesaingnya juga akan semakin banyak setiap saat. Contohnya : Biografi Isaac Newton, sejarah Indonesia, dll.
  • Seasonal Keyword, atau keyword musiman. Keyword ini biasanya dipakai saat ada berita yang sedang populer. Dan jika sudah tidak populer, artikel yang menggunakan keyword ini juga akan ikut 'tenggelam'. Contohnya : Baju putih emas atau biru hitam, juara piala dunia 2014, dll.


Daripada hanya mengandalkan otak untuk memilih keyword secara acak, lebih baik kalian menggunakan situs-situs pencari ide untuk pemilihan keyword. 


Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk mencari keyword yang tepat untuk para Blogger. Dari yang gratis sampe yang bayar. 


Contohnya 3 situs yang menjadi favorit para Blogger ini. ketiganya cocok untuk mencari keyword yang tepat, yaitu : 


1. Google Keyword Planner (GKP) 

2. Ubersuggest.io
3. Keywordstool.io 

Tapi kalo di postingan ini, Saya hanya menggunakan 2 situs yang mungkin udah menjadi sahabat para Blogger, yaitu GKP dan Ubersuggest.io karna gratis dan mudah penggunaanya. Mari dimulai... 



Cara Melakukan Riset Keyword dengan Mudah

Bagian ini akan dibagi menjadi 4 tahap dibawah ini :

Tahap 1/4 : Mencari keyword utama (benih keyword)

Kalo yang satu ini sama sekali ga rumit kok.

Kalian cuman perlu nyari kata kunci utama (benih) dari keyword yang akan kalian targetkan. Benih ini juga bisa berupa hal utama yang kalian bahas, atau hal-hal lainya yang berhubungan dengan postingan atau Blog kalian.

Misalkan artikel kalian membahas tentang "Cara Memperbaiki Laptop yang Error", benih keyword bisa menjadi 'laptop' atau 'error', dan biar hasil 'riset' nanti lebih lengkap, kedua keyword itu disatukan menjadi 'laptop error'.

Tapi buat contoh disini, Saya akan meggunakan kalimat 'riset keyword' sebagai benihnya (sesuai artikel ini).

Tahap 2/4  : Mencari Long Tail Keyword dengan Ubersuggest.io

Setelah kalian menentukan benih keywordnya, sekarang kalian perlu mencari kata kunci turunannya, atau biasa disebut Long Tail Keyword (LTK) oleh para Blogger. Untuk tahap ini Saya menggunakan Ubersuggest.io , begini :

Langkah #1, silahkan buka www.ubersuggest.io di browser kalian. Dan masukan benih keyword yang kalian pilih. Contohnya disini Saya akan mencari LTK yang untuk artikel Saya ini, yaitu "Riset Keyword". Jangan lupa untuk mengganti negaranya dengan Indonesia.


Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

Langkah #2, pilih semua kata yang ada disana dan klik tombol Download berwarna merah.



Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

Setelah itu akan terunduhlah file berformat .csv



Tahap 3/4  : Membandingkan Volume Pencarian dengan GKP

Langkah #1, sekarang kita akan mencari keyword mana yang paling populer dengan Google Keyword Planner. Buka GKP di tab sebelah, atau klik aja Link ini Google Keyword Planner. Dan pilih Sign in to AdWords


Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

Langkah #2, setelah itu klik pada bagian Get search volume data trends seperti pada gambar ini.



Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

Langkah #3, sekarang perhatikan gambar ini :



Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

1 - Masukan lokasi file yang sudah diunduh di ubersuggest.io

2 - Pastikan negaranya di Indonesia, sisanya biarkan saja seperti itu.
3 - Jika sudah selesai, klik tombol Get search volume.


Tahap 4/4 : Memilih Keyword dengan Pesaing yang Sedikit

Tahap ini cukup penting supaya Blog kalian ga kalah saing dengan Blog lainya.

"Caranya gimana biar dapet yang sainganya sedikit?"


Caranya mudah, dengan GKP dan Moz

"Apa itu Moz?"


Moz adalah ekstensi pada browser Google Chrome (UC Browser juga bisa)  dan Mozilla Firefox yang berguna untuk mencari info tentang SEO dari suatu Blog dihasil pencarian.


Kalo kalian sudah meng-install ekstensi Moz di browser kalian, sekarang ikuti langkah selanjutnya.


Langkah #1, kembali ke hasil volume pencarian GKP tadi, dan cari keyword yang kalian mau. Carilah keyword yang hasil pencarianya kurang dari 1 juta, karna keyword yang sudah lebih dari 1 juta kemungkinan besar sudah dikuasai oleh Blog atau Web terkenal.


Langkah #2, sekarang coba cari keyword yang sudah kalian pilih tadi di Google untuk melihat siapa saja pesaingnya. Contohnya Saya akan menggunakan keyword "cara riset keyword"


Langkah #3, aktifkan ekstensi Moz yang sudah kalian install untuk melihat PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority). Dan inilah hasilnya :



Belajar Cara Melakukan Riset Keyword

Ternyata 2 saingan teratasnya adalah dua Blog terkenal. Sial.



Tips untuk Mencari Keyword dengan Pesaing yang Sedikit ala Sugeng.id

Untuk mencari pesaing yang sedikit, kalian cukup perhatikan hal-hal berikut :


  • Cari keyword yang hasil pencarianya kurang dari 1 juta
  • Cari keyword yang PA dan DA Blog pesaingnya kurang dari 50
  • Jangan gunakan keyword yang sering digunakan Blog otoritas, seperti Wikipedia, atau Online Shop
  • Dan lain sebagainya

Itulah beberapa tips yang Saya dapat selama belajar nge-Blog dari Internet dan Blog-blog terkenal lainya. Semoga tips diatas bisa membantu para Blogger yang membutuhkannya.

Jangan membuang waktu Anda dengan meminta izin di komentar!